Seputar Manfaat Tersembunyi dari Pijat Bayi dan Tekniknya

Seputar Manfaat Tersembunyi dari Pijat Bayi dan Tekniknya

pijat bayi
artikel ini Seputar Manfaat Tersembunyi dari Pijat Bayi dan Tekniknya. Warisan leluhur nenek moyang kita yang telah lama dipraktekkan secara turun-temurun dalam perawatan bayi adalah pijat bayi. Pijat merupakan pengobatan tradisional alternatif yang sangat bermanfaat bagi siapa saja tanpa batasan umur. Tak hanya orang dewasa yang suka dipijat, bayi pun perlu dipijat, terutama saat ia rewel yang menandakan ada rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Beberapa orangtua bahkan akan segera membawa si kecil ke dukun pijat bila anaknya jatuh dari tempat tidur, tampak gelisah saat tidur, sering rewel, tidak mau makan, bahkan batuk dan pilek.

Pijat sendiri? Apa saya bisa?

Ada banyak buku, leaflet, dan video yang bisa Anda temukan di jaman ini tentang cara melakukan pijat bayi. Ada lebih dari satu cara yang ‘benar’ untuk melakukannya. Namun ada beberapa posisi dan gerakan yang lebih bayi nikmati dari yang lain, terutama bayi yang sangat muda. Mereka lebih mengetahui tentang posisi kesukaan dan pijat mana yang lebih menyenangkan.

 

Saat Yang Tepat Untuk Memijat

Setiap keluarga perlu menemukan waktu yang terbaik. Beberapa bayi menyukai pijat selama 20 menit atau lebih setelah menyusui, tapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Beberapa keluarga lain memijat setelah mandi saat bayi telanjang, karena banyak bayi muda tidak suka berpakaian dan pakaian itu sendiri. Beberapa bayi lain merespon lebih baik di malam hari. Tapi, satu hal yang sama: jangan pernah mencoba memijat saat bayi sedang marah.

 

Seberapa Sering Harus Memijat?

Pijat bayi dapat dilakukan kapan pun itu sesuai rutinitas keluarga. Jadi, jangan merasa bingung mengenai berapa kali sehari, seminggu, sebulan Anda harus melakukan itu. Bacalah pertanda yang diberikan bayi Anda. Biarkan ia memandu Anda mengenai apa yang ia suka dan kapan harus melakukannya.

 

Apa yang Perlu Disiapkan?

1. Sebuah ruangan yang hangat, bebas dari sampah.

2. Suatu waktu ketika Anda yang bebas gangguan

3. Tangan yang hangat. Lepaskan setiap perhiasan yang bisa menyakiti bayi.

4. Handuk

5. Pakaian lama, karena Anda mungkin akan sedikit berminyak.

6. Gunakan minyak zaitun, telon, kayu putih, atau minyak sayur. Jika terdapat anggota keluarga yang memiliki alergi, mungkin akan lebih baik untuk menghindari minyak telon atau kayu putih, terutama jika bayi memiliki ruam.

7. Teteskan minyak ke dalam mangkuk hangat.

8. Sebagian orang memilih untuk tidak menanggalkan pakaian bayi seluruhnya mereka saat dipijat terutama ketika musim hujan atau berada di tempat yang dingin, dan beberapa bayi memilih untuk tidak sepenuhnya menanggalkan pakaian. Namun, baik tidak ataupun setengah berpakaian, bayi masih akan menikmati pijatan di tubuh mereka – meski hanya di kaki, dada, lengan, dan kepala saja.

 

Apa yang harus dilakukan

Di channel video internet, terdapat banyak video pijat bayi gratis yang bisa diunduh. Ada banyak teknik yang telah diakui dan dan diterapkan dalam hal urutan yang digunakan untuk pijat bayi. Berikut adalah salah satu cara untuk melakukan pijat yang disukai bayi.

1. Mulailah dengan kaki bayi. Gunakan tekanan yang lembut dan lambat, karena sentuhan ini menenangkan. Beberapa bayi, terutama bayi yang masih sangat muda, mungkin ingin Anda memijat kaki mereka saja – dan ini tidak apa-apa. Bergeraklah perlahan dari kaki bagian bawah ke paha dan ke pinggul.

2. Kemudian cobalah letakkan kedua tangan di bahu bayi dan belai dari bahu menuju tengah dada. Atau Anda dapat bergerak dari bahu, perlahan-lahan menuju ke lengan lalu ke jari-jari.

3. Pijatan di perut bisa berupa pijatan lembut berbentuk setengah lingkatan searah jarum jam. Untuk menjadi catatan Anda, ingatlah untuk memijat perut hanya jika perut terasa lembut (atau tidak penuh dan keras) dan bayi tidak telihat gelisah atau tidak nyaman. Gunakan satu tangan dimulai dari sisi kanan bawah perut bayi. Bergeraklah dengan lembut mengusap perut searah jarum jam. Hentikan pijatan di sisi kiri bawah perut bayi.

4. Kembalilah ke kaki atau hentikan pijat jika bayi menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman atau ingin menghentikan pijatan.

5. Untuk memijat wajah, Anda bisa memijat dahi dan pipi menggunakan jari tengah. Mulailah dari tengah dahi dan bergerak ke arah luar ke sisi wajah. Untuk pipi, mulailah dari sisi hidung dan bergerak ke arah luar.

6. Jika Anda berdua masih santai, tengkurapkan bayi dan pijat lembut dari kepala sampai kaki. Jika bayi disangga sedikit ia mungkin menikmati ini lebih lama. Mulailah di kepala dan bergerak perlahan-lahan kembali ke kaki dan jari kaki.

7. Ketika pijat selesai, kenakan pakaian bayi Anda perlahan-lahan dan dalam cara yang santai untuk menjaga rasa nyaman dan relaks

 

Manfaat Pijat Bayi

Pijat bayi hanya akan memberi manfaat maksimal ketika waktu pijat terasa menyenangkan bagi kedua orang tua dan bayi. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Memberikan waktu mengenal satu sama lain

2. Berkomunikasi

3. Membantu bayi untuk merasa aman dan dicintai

4. Memberikan stimulasi sistem tubuh yang berbeda, seperti sistem kekebalan tubuh, sirkulasi, dan pencernaan.

5. Membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi yang mendorong gerakan dan koordinasi.

6. Membantu orang tua dan bayi untuk belajar mempercayai satu sama lain.

7. Mendukung perkembangan emosional bayi.

Jadi, setelah Anda memiliki semua pengetahuan mengenai memijat, kapankah Anda memulai? Jangan tunggu terlalu lama untuk memutuskan, ya. Usia emas bayi Anda hanya sebentar.

 

sumber : sayangianak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *