Jika Anak Merasa Demam Apakah Menandakan dia Sakit ?

Jika Anak Merasa Demam Apakah Menandakan dia Sakit ?

Jika Anak Demam apakah menandakan Sakit Jika Anak Demam apakah menandakan Sakit —- PANIK ? Perasaan yang sering para moms rasakan pada saat anaknya mengalami demam atau suhu tubuh naik. Naiknya suhu tubuh pada bayi itu tidak selalu menjadi pertanda bahwa bayi tersebut terkena penyakit, Namun sikap waspada itu PERLU !!!

Perlu para Moms ketahui bahwa demam merupakan suatu proses mekanisme tubuh untuk melawan suatu penyakit dari serangan bakteri dan Virus. Demam bisa berfungsi sebagai pertanda atau ‘Alarm’ alamiah yang menunjukkan kalau tubuh tersebut sedang berjuang melakukan perlawanan terhadap gangguan – gangguan yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

pada saat sel-sel darah merah mulai melakukan perlawanan penyakit, ada semacam zat kimia yang dilepas dalam aliran darah dan mengirimnya langsung ke otak. Pesan ini kemudian direspon oleh otak dengan perintah agar tubuh merubah suhunya. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya perkembangbiakan penyakit serta merangsang pembuatan antibody dalam tubuh.

Kapan Sang bayi dikatan Demam ? bayi dikatakan demam jika suhu tubuhnya sudah mencapai 38.5 derajat Celsius ada juga yang mengatakan 37, 5 derajat Celsius dengan menggunakan thermometer.  Pada kondisi yang sangat normal, suhu tubuh sudah di atur oleh pusat pengatur yang terdapat yang terdapat di otak. Nah jika suhu lingkungan naik atau turun, maka tubuh akan mengirim signyal ke otak untuk menyesuikan kondisi tesebut.

pada proses itu lah terjadi sebuah mekanisme pengaturan tertentu. Misalnya suhu kondisinya sekitar lingkungannya dingin, maka pembuluh darah akan mengerut untuk mengurangi pengeluaran panas tubuh. Bila ini terjadi pada Bayi anda, biasanya bayi anda akan menggigil. Kontraksi otot ini merupakan proses untuk menimbulkan panas. Nah Jika Anak Demam apakah menandakan Sakit ? sekarang para moms bisa menjawabnya

 

Perlu anda kehaui !!!.

Sebelum membawa bayi anda  kedokter, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian orang tua.

  • Caranya dengan mencelupkan handuk kecil atau sapu tangan ke air hangat terlebih dahulu. Tambahkan kehangatannya jika dirasa perlu atau jika suhu demamnya semakin tinggi. Dengan demikian suhu antara suhu tubuh dengan air kompres tidak terlalu berbeda. Kesalahan yang biasa para orang tua lakukan adalah kompres dengan menggunakan air dingin sehingga panas yang ada didalam tubuh tidak mau keluar. Hal ini bisa mengakibatkan anak anda jadi makin menggigil untuk mempertahankan keseimbnagan suhu tubuhnya.
  • Boreh dengan Bawang Merah. Ternyata cara tradisional ini sangat ampuh sekali. Hal ini sering saya pratekan. Caranya adalah iris bawah merah, taruh di tempat piring kecil dan campurkan dengan minyak telon. Borehkan irisan bawang merah tersebut di bagian punggung bayi anda. Gunakan pada saat si kecil sedang tidur.
  • Jika Bayi anda masih ASI. Sering seringlah disusui.

Kapan ke Dokter? Suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa membahayakan bayi. Yang jelas, jika bayi Anda yang berusia di bawah 3 bulan mengalami demam lebih dari 37,5 ° C, jangan tunda hubungi dokter. Apalagi, pada suhu ini bayi biasanya sudah mulai terlihat lesu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *